MARKET MARKETERS

Merekrut pegawai untuk menjadi tim marketing itu sudah biasa. Merekrut orang untuk menjadi tim sales apalagi. Mudah. Bikin program insentif. Bikin pola komisi. Bangun gaji pokok per bulan. Beres.

market marketers


Pola mekanistik seperti ini akan membuat Anda jatuh pada kutukan biaya penjualan. Jika ingin menaikkan angka penjualan, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Jika ingin menaikkan lagi, ya keluar biaya lagi. Akan selalu seperti ini.

Padahal ada sebuah cara yang lebih efektif dari semua ini. Ada cara yang lebih berdampak dari melakukan mekanisasi pada penjualan. Walaupun penjualan dengan tim adalah yang utama.

Cara tersebut adalah menjadikan market yang semula menjadi target penjualan, menjadi pemasar yang malah membantu memasarkan produk kita. Tanpa perlu membangun program member get member. Tanpa perlu memerintahkan untuk selfi di produknya, atau outletnya.

Lalu bagaimana caranya? Tulisan berikut ini akan membahasnya secara mendalam.

***

Agar mudah dimengerti, Saya akan membangunnya dengan konsep cerita.

Jadi awalnya Saya dengan Bang Ricky Elson. Alhamdulillah Saya pernah ke Ciheras. Tempat beliau menetap. Membangun pusat pembelajaran teknologi untuk anak-anak muda yang ingin magang.

Disana setiap anak boleh kerja praktek. Terbuka. Anak-anak kuliahan yang harus ambil mata kuliah praktek belajar membuat kincir angin, mengalirkan listrik, mendorong kreativitas dari pagi hari sampai malam.

Pagi hari mereka merencanakan kerja, dan malam harinya mereka bercerita tentang apa yang mereka lakukan sepanjang hari.

Disamping membangun pusat pembelajaran teknologi, Bumi Lentera Nusantara juga membangun peternakan yang bermitra dengan para petani lokal. Hewan Qurban yang akan disembelih di daerah remote Jawa Barat bagian selatan.

Awalnya Saya pesen hewan Qurban untuk Qurban ied beberapa puluh hari lagi, namun makin mendalami program yang ada di Ciheras, Saya malah jadi ingin mengendorse, menuliskannya dan mengajak sahabat untuk Qurban di Ciheras.

Ciheras adalah area kaya akan rumput. Hewan ternak Qurban yang ada disana dipasok rumputnya oleh warga. Sekian kg rumput yang dikumpulkan akan ditukarkan dengan uang. Secara gak langsung pemberdayaan.

Adapun profit, tentunya digunakan untuk operasional Bumi Lentera Nusantara yang terus-terusan menerima peserta belajar secara reguler.

Qurban di Ciheras ya bisnis. Profesional. Ada harga per kg, ada akad penyembelihan di lokasi remote di sekitaran Ciheras. Ada promo, ada usaha memasarkan. Tapi makna dan semangat dari bisnis Qurban BLN lah yang membuat Saya akhirnya menjadi marketers.

Saya menuliskan ini tidak diminta. Tidak juga ada komisi penjualan Qurban. Uda Ricky juga tidak ada menjapri Saya. Saya melihat ceritanya di Instagram, lalu Saya DM beliau, lalu Saya pesen Qurban. Alhamdulillah. Sesimple itu.

Dan hari ini Saya ajak teman-teman untuk Follow IG bang @Ricky_Elson , yang sudah konkret membangun pemberdayaan masyarakat di Ciheras.

***

Seperti kedua tulisan Saya sebelum ini, manusia tidak bergerak karena materi. Manusia bergerak karena makna. Karena hanya dengan sebuah pemaknaan lah energi terdalam manusia bisa maksimal.

Sama-sama jualan makanan, tetapi yang satu fokus pada profit, namun yang satu lagi fokus pada bahan makanan yang halal, proses yang thoyyib dan pelayanan yang maksimal. Perasaan yang dirasakan oleh market akan berbeda.

Sama-sama jualan kosmetik, yang satu fokus pada profit, yang satu fokus pada bahan baku yang tidak berbahaya, dampak pada lingkungan yang baik, hingga memperhatikan mitra vendor petani yang menyuplai bahan baku alami. Ada rasa berbeda yang dirasakan oleh market.

Sama-sama bisnis, yang satu fokus profit, namun yang satu lagi fokus pada dampak lingkungan yang terjadi. Membantu banyak proyek sosial, selalu hadir dalam kerja-kerja masyarakat. Tentu beda rasa di hati market.

Jika bisnis Anda bermakna. Jika produk Anda memiliki semangat mendalam untuk berbuat lebih pada masyarakat. Maka market akan mendukung Anda. Mereka akan sangat ridho sekali untuk menjadi marketers.

***

Penjelasan detail mengenai tulisan ini akan Saya jelaskan di Grup WA Audio KRBN.

Ada studi kasus tentang sebuah restoran yang baru saja mengurus sertifikasi halal. Ada yang menarik dari bisnis tersebut, akan dibahas di grup audio tersebut.

File Audio tentang MARKET MARKETERS akan Saya upload pada esok pagi jam 7 pagi, 7 Juni 2019.

Silakan bagi yang ingin belajar ke grup Audio KRBN, silakan ketik "Daftar Grup Audio KRBN" kirim WA ke 085220000122

Penulis,
Rendy Saputra

Belum ada Komentar untuk "MARKET MARKETERS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel